Breaking News

Rahasia Hafal Kunci Gantung (#) & (b) Dalam 24 Jam Tanpa Kursus

Halo Gitaris!

Lo pengen bisa kunci gantung tapi ga bisa-bisa? Susah hafal? Pernah liat chord aneh seperti C#. C#m? Apa itu? Nah loh... Trus gimana cara cepet ngafalin chord gantung?


Sebelum lo belajar kunci gantung alangkah baiknya lo baca ini :

Belajar Kunci Dasar Gitar Dalam 1 Hari! Gampang Banget!

Di sini gua bongkar rahasianya...


Eross Chandra


Metode yang gua ajarin ini pengalaman gua pas gua belajar gitar. Gua hampir frustasi belajar gitar gara-gara gua ga paham tentang apa itu kunci gantung.


Keuntungan belajar kunci gantung atau balok itu ; lebih fleksibel, dan penggunaannya juga lebih luas, gampang dipake soalnya tinggal geser aja dan chordnya bisa dikembangkan jadi variasi lain.


Jadi gini konsepnya...


Pertama, lo harus tau nada di senar gitar khusunya senar bass kaya gambar ini.




Open note maksudnya senar gak ditekan. contoh :


  • fret 1 = F
  • fret 2 = F# atau Gb
  • fret 3 = G 
  • Dan seterusnya
Terus apa maksudnya #? b?

Simpelnya... Jadi gini,...
  • # "Kress" = nada naik setengah
  • b "mol"    = nada turun setengah
Terus apa bedanya Gb <sama> F# ? Jawabnnya SAMA AJA! Itu hanya simbol aja. Ngerti kan? 

Lanjut ke chord gantung, perhatiin gambar di bawah ini.

Chord gantung major.

Chord gantung minor

Tadi lo udah paham tentang 12 nada di fret dari E-F-F#-sampai-E lagi.

Kunci balok tinggal ngikutin fret atasnya aja. Ngerti ga?

Misalkan kunci F kan ada di fret 1 jadi hasilnya kaya gini. 



Apa bedanya minor sama mayor?

Kalau lo maen sampe senar 6 lo tinggal angkat jari tengah lo, jadi deh Fminor.


Kalau lo main di bawah kaya chord D# atau yang lain lo bisa liat gambar di bawah.

D#m/D#minor

Perlu diingat chord D# itu bisa main di senar ke-6 bagian bawah atau senar ke-11 bagian atas. Bunyinya sama saja tapi variasinya beda. Paham? 

Contoh chord D variasinya.


Jadi chord D ga cuma di situ-situ aja.

Paham?

Oke jangan lupa komentar untuk kritik dan sarannya.

Terima kasih.

No comments